Minggu, 02 Desember 2007

KAJIAN TEORI Membran plasma

Membran plasma

Susunan membrane plasma yang lengkap menurut suatu model mosaic cair, membran tersusun atas molekul molekul lipid, protein dan sedikit karboidrat, lapisan lipit disusun fosfolipid yang terdiri atas bagian kepala dan ekor, bagian kepala bersifat hidrofilik sedangkan bagian ekor bersifat hidrofobik. Lapisan protein membentuk dua macam lapisan yaitu protein perifer dan lapisan protein integral.

Fungsi utama membran sel adalah tempat keluar masuknya ion, molekul dan senyawa dari atau kedalam sel. Substansi dapat ditranpor secara pasif dan aktif,tranpor pasif merupakan tranpor ion, molekul dan senyawa yang tidak memerlukan energi untuk melewati membrane. Tranpor pasif mencakup difusi dan osmosis, difusi dibagi menjadi difusi yang dipermudah dengan ptotein pembawa.

Difusi dipermudah dengan protein pembawa melibatkan protein yang membentuk suatu saluran dan mengikat sustansi yang ditranpor. Protein banyak memiliki sifat enzim, seperti enzim yang spesifik untuk substratnya, protein dispesialisasikan untuk zat pelarut yang diangkutnya dan memiliki tempat pengikatan spesifik yang bertalian erat dengan tempat aktif.

Tidak ada komentar: